Tips Aman Menggunakan Facebook



Saat ini Facebook maupun social media lainnya sudah bukan menjadi barang asing bagi siswa. Akan tetapi banyak yang diantaranya tidak memperhatikan akan bahaya media ini bagi siswa. Selain mengurangi konsentrasi dalam belajar. Banyak kasus yeng terjadi yang disebabkan karena panggunaan Facebook. Untuk menghindari kejadian yang tidak menyenangkan ketika menggunakan facebook ada baiknya melakukan tips berikut ini:


1. Tidak Mengupload Foto Tak Senonoh


Jangan pernah sekali-kali memasukkan foto atau gambar pribadi anda yang tidak senonoh ke publik. Hal ini karena setelah anda mengupload foto maka foto tersebut akan susah untuk dikendalikan peredarannya. Anda mungkin bisa membatasi privacy hanya untuk teman anda akan tatapi apakan teman anda dapat dipercaya tidak menyebarkannya? hal ini tentu dapat dijadikan pertimbangan bagi anda untuk tidak mengupload gambar tak senonoh ke Internet.

2. Membuat Status SARA atau Menghina

Membuat status memang menjadi sebuah kebiasaan bagi pengguna social media. Status ini biasa untuk mengekspresikan keadaan batin yang dialami pengguna social media. Lalu dimanakah letak bahaya penggunaan status ini? Bagi beberapa orang ada yang senang bercanda dengan menggunakan kata kata lucu, kadang ada yang meluapkan kekesalan melalui status dan ada yang menginformasikan sesuatu lewat statusnya tentu tidak masalah nah bila kita membuat status yang terkesan menghina maka itu sangat bahaya. Banyak contoh kasus dalam hal ini yang paling terkenal adalah evan brimob "POLISI GA BUTUH RAKYAT...RAKYAT YG BUTUH POLISI !!!!" sehingga ada ungkapan statusmu harimaumu.

3. Memajang Informasi Palsu

Bagi siswa atau pelajar hal ini tentu tidak bermasalah. Akan tetapi informasi yang ada pada Facebook tersebut akan menjadi bermasalah ketika akan mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan ada babarapa perusahaan yang membandingkan data di CV anda dengan data yang ada pada facebook anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui akurasi data yang ada maupun mengetahui apakan anda termasuk orang yang suka berbohong atau tidak karena tanpa anda sadari Profil anda menunjukkan diri anda yang sebenarnya.

4. Penggunaan Password yang Baik

Untuk mencegah adanya tangan-tangan jahil mengganti data anda maupun menggambil alih akun Facebook anda maka gunakan password yang baik. Lalu password yang baik itu seperti apa? Password yang baik adalah menggabungkan angka, huruf Uppercase Lowercase (Huruf Kecil dan Huruf Besar), dan symbol menjadi satu sebagai contoh **1&April&1987** hal ini dilakukan untuk menghambat aplikasi yang digunakan untuk membaca assword anda. Selain itu bagi anda yang masih menggunakan jasa warnet untuk mengakses facebook maupun web lainnya maka pastikan anda untuk logout dan menghapus cache web browser yang digunakan. Hal itu dilakukan untuk menghindari akses orang lain terhadap facebook anda. Sedangkan untuk menghindari keyloger maka sering-seringlah mengganti password anda.

5. Memahami Settingan Privacy

Aturlah settingan privacy di Facebook (Security Settings) agar akun Anda lebih terkontrol. Jangan biarkan akun Anda bebas dilihat oleh semua orang. Pilih-pilih siapa saja yang bisa mengakses akun Anda dan siapa yang tidak. Selain itu jangan sekali-kali mengijinkan aplikasi yang dikirim seseorang tanpa mengetahui aplikasi itu apa. hal ini untuk menghindari password phising atau Fake Login.

6. Memilih Teman


Anda tidak bisa mengontrol postingan yang dilakukan teman di profile Anda (meskipun nantinya Anda bisa menghapusnya). Jika guru maupun orang tua Anda melihat foto Anda yang sedang mabuk, hal ini tentu akan merugikan. Rajin-rajinlah mengamati postingan yang menyangkut Anda dan hapus konten yang sekiranya tidak baik.

Di antara list-list di atas, nasihat yang paling ampuh adalah mengunci akun, sehingga hanya teman yang sudah Anda approve saja yang bisa melihat profil Anda. Kemudian, buatlah akun Facebook kedua yang khusus untuk tujuan profesional sehingga ia berfungsi layaknya resume. Join di situs jejaring adalah langkah yang bagus dan Anda pun akan terlihat melek teknologi gara-garanya. Yang harus diingat ialah, pastikan situs tersebut mewakili bagian terbaik dari diri Anda, bukan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar